Ilmu Tiada Bertepi; Cinta tiada berbatas; }

Rabu, 26 Januari 2011

... Keutamaan amirul mu'minin dan zurriyahnya


Bismillahirrahmaanirrahiim..

14 hadits Keutamaan Amirul Mukminin dan Zuriatnya yang suci .


Para ulama Islam dari semua mazhab telah meriwayatkan hadits-hadits Nabi SAW tentang kelebihan 'Ali AS dan Zuriatnya yang suci di dalam sahih-sahih, Musnad-Musnad, dan sejarah-sejarah mereka, contoh Hadits itu diantaranya :

1. Sabda Rasululllah SAW: "Hanya orang yang namanya ditulis oleh 'Ali saja yang dapat menyeberangi al-Sirath."
  • Hadits ini telah diriwayatkan oleh Ibn Hajr di dalam al-Sawa'iq al-Muhriqah (1 ) dari Ibn Siman bahwa Abu Bakr berkata kepada 'Ali AS: "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:" Hanya orang yang (namanya) ditulis oleh' Ali saja dapat menyeberangi al-Sirat. "Hadits ini juga telah dicatat oleh al-Hamawaini al-Syafi'i di dalam Fara'id al-Simtin [2], al-Muhibb al-Tabari dalam al-Riyadh [3] al-Nadhirah dan al-Khatib al-Baghdadi di dalam Tarikh[4] dan lain-lain.

 2. Ali adalah Pembagi Surga dan Neraka.

  • Al-Khawarizmi telah mencatat di dalam Manaqibnya bab 16, dengan membuang sanad-sanadnya dari 'Ali bin Abi Thalib AS. Beliau berkata: Rasulullah saw bersabda, "Wahai 'Ali, sesungguhnya Anda adalah dealer surga dan neraka. Dan sesungguhnya akan mengetuk pintu surga kemudian akan memasukinya tanpa hisab."
3. Jika manusia bersepakat mencintai Ali AS niscaya Allah tidak menjadikan neraka.
  • Hadits ini telah dikeluarkan oleh al-Qunduzi al-Hanafi di dalam Yanabi 'al-Mawaddah[5] dari al-Hamdani al-Syafi'i dari Umar bin al-Khattab mengatakan: "Nabi SAW bersabda:" Jika manusia bersepakat mencintai Ali AS, niscaya Allah tidak akan menjadikan neraka. "Hadits ini juga dikutip oleh al-'Allamah al-Askari di alam Maqa al-Imam Amiru l-Mukminin 'untuk al-Khulafa['6], dari Umar bin al-Khattab dan sahabat-sahabat yang lain. Al-Khawarizmi di dalam Maqtal al-Husain[7] telah meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Abbas. Dan Muhammad Salih al-Hanafi di dalam al-Kuakab al-Duriyy[8] dari Umar bin al-Khattab.

4. 'Ali adalah yang paling akrab kepada Rasulullah SAW.'
  • Hadits ini telah dikeluarkan oleh al-Khawarizmi[9] dengan sanadnya dari Sya'bi berkata: "Abu Bakr melihat kepada 'Ali bin Abi Thalib secara berdepan dan berkata: Siapa yang ingin melihat orang yang paling akrab kepada Rasulullah SAW, paling tinggi posisinya, dan paling tinggi di sisi Allah SWT, hendaklah ia melihat kepada lelaki ini dan dia mengisyaratkan kepada 'Ali bin Abi Thalib karena aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:' Dia ('Ali) bersifat kasih sayang kepada orang banyak ...."
Hadits ini juga telah dikutip oleh al-Muttaqi al-Hindia Al-Hanafi dalam kanz al-'Ummal[10] dan Muhibb dalam Al-Riyadh al-Nadhirah.[11]

5. 'Wahai' Ali! Tangan Anda pada tanganku, Anda memasuki surga bersamaku. '
  • Al-Muhibb al-Tabari dalam Dhakha'ir al-'Uqba[12] telah menjelaskan hadits ini dari 'Umar bin al-Khattab. Al-Muttaqi al-Hindi dalam kanz al-Ummal[13], al-Khanji al-Syafi'i di dalam kifayah al-Talib[14] dan lain-lain.
6. 'Ali di sisiku sepertilah kedudukanku di sisi Tuhanku.'
  • Hadits ini telah diriwayatkan oleh Ibn Hajr di dalam al-Sawa'iq al-Muhriqah[15], Muhibuddin al-Tabari al-Syafi'i di dalam Dhakha'ir al-'Uqba[16], dan al-Riyadh al-Nadhirah[17] dan lain-lain.

7. 'Sesungguhnya Allah telah menjadikan untuk saudaraku' Ali bin Abi Thalib kelebihan yang tidak terhitung. '
  • Hadits ini diriwayatkan oleh al-Kanji al-Syafi'i di dalam kifayah al-Talib[18] dengan sanadnya dari Imam Ja'far al-Sadiq dari 'Ali bin Husain dari ayahnya Amirul Mukminin' Ali AS berkata: "Rasulullah SAW bersabda:" Sesungguhnya Allah jadikan bagi saudaraku 'Ali bin Abu Thalib kelebihan-kelebihan yang tidak terhitung banyaknya. "Dan Umar berkata:" Rasulullah SAW bersabda: "Jika laut menjadi tinta, pohon-pohon menjadi pena, manusia menjadi kitab dan jin menjadi hisab, niscaya mereka tidak dapat menghitung kelebihan Anda wahai Abu l-Hasan. "

8. 'Aku berdamai dengan orang yang berdamai dengan penghuni khemah ini (' Ali, Fatimah, Hasan dan Husain). '
  • Al-Khawarizmi di dalam Manaqib[19]nya telah meriwayatkan hadits ini dengan sanadnya dari Yunus bin Sulaiman al-Tamimi dari bapaknya dari Zaid bin Yathi 'dia berkata: Aku mendengar Abu Bakr berkata: Rasulullah SAW bersabda:' Aku berdamai dengan orang yang berdamai dengan penghuni khemah ini , berperang dengan dengan orang yang berperang dengan mereka, memuliakan orang yang memuliakan mereka, dan memusuhi orang yang memusuhi mereka. Tidak mengasihi mereka orang yang bahagia dan baik peranakannya. Dan tidak membenci mereka melainkan orang yang celaka dan buruk peranakannya. ' Hadits ini juga telah dicatat oleh Abdullah bin al-Hanafi di dalam Arjah al-Matalib[20]. Aku berpendapat: Hadits ini dinamakan hadits al-Kisa 'telah diriwayatkan dengan lafal-lafal yang bermacam-macam oleh ulama Ahlu s-Sunnah.
9._'Kami Ahlul-Bait tidak dapat dibandingkan dengan orang lain.'
  • Hadits ini telah diriwayatkan oleh al-Qunduzi al-Hanafi di dalam Yanabi 'al-Mawaddah[21] dari Mawaddah al-Qurba karangan al-Hamdani al-Syafi'i. Dia mengeluarkan sanadnya, dari Abu Wa'il, dari 'Ibn Umar ia berkata: Ketika kami berbicara tentang derajat sahabat-sahabat Nabi SAW, kami berkata: Abu Bakr, Umar dan Utsman. Seorang lelaki bertanya: Wahai Abu 'Abdu r-Rahman, apakah posisi' Ali? Dia berkata: 'Ali adalah dari Ahlu l-Bait tidak dapat dibandingkan beliau dengan orang lain, karena ia bersama Rasulullah SAW di dalam ketinggian derajatnya sebagaimana firman (Surat al-Tur (52): 21): "Dan orang-orang yang beriman dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan. Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka. "Justru itu Fatimah adalah bersama Rasulullah di dalam ketinggian derajatnya dan 'Ali adalah bersama mereka berdua.
Di dalam riwayat yang lain pula 'Abdullah bin Hanbal bertanya bapaknya (Hanbal) pada posisi sahabat-sahabat Nabi SAW. Dia berkata: "Abu Bakr, Umar, 'Utsman." Kemudian dia diam. 'Abdullah bertanya:

"Wahai bapakku! Di manakah posisi' Ali?" Dia menjawab: "Dia adalah dari Ahlu l-Bait tidak dapat dibandingkan beliau dengan orang lain.[22]"

10._'Ini adalah saudaraku, khalifahku dan pewaris ilmuku.'
  • Al-Turmudhi al-Hanafi telah meriwayatkan hadits ini di dalam al-Kuakab al-Duriyy[23] dari Umar dia berkata: Sedangkan Rasulullah SAW menjalin persaudaraan di kalangan sahabat-sahabatnya. Beliau bersabda: 'Ini adalah' Ali saudaraku di dunia dan di akhirat, khalifahku di keluargaku, wasiku pada ummatku, pewaris ilmuku, pembayar hutangku. Hartanya hartaku, menfaatnya adalah menfaatku, kemudaratannya adalah kemudaratanku. Barang siapa yang mengasihinya bahwa sesungguhnya dia mengasihiku. Dia siapa yang membencinya maka sesungguhnya ia membenciku. ' Hadits ini telah diriwayatkan oleh al-Qunduzi al-Hanafi di dalam Yanabi al-Mawaddah.[24]
Aku berpendapat: Sesungguhnya 'Umar telah mengakui bahwa' Ali adalah Wasi Rasulullah pada umatnya, dan khalifahnya pada keluarganya. Hadits yang berisi pengertian seperti ini telah melebihi dua ratus. Dan aku telah mencatatnya di buku Syi'ah wa hujjatu-hum fi al-Tasyayyu '.

Tetapi apa yang mengherankan adalah sikap 'Umar sendiri yang mengakui hadits ini dan sejenisnya telah melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan Nabi dan keluarganya yang disucikan AS seperti mengingkari perintah Nabi SAW ketika beliau sedang Gering supaya dituliskan wasiatnya. Malah 'Umar mengatakan Nabi SAW telah meracau. Serangannya ke atas rumah Fatimah, mengumpulkan kayu api untuk membakarnya, memaksa 'Ali supaya melakukan bai'ah dan lain-lain.
Semuanya dilakukan secara sengaja terhadap orang-orang yang ia buat atau oleh Allah SWT di dalam firmanNya (QS Al-Syura (42): 23): "Katakan Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun kecuali kasih sayang kepada keluargaku." Dan sabdanya: 'Aku wasiatkan ke kalian karena Allah tentang keluargaku karena mereka adalah 'barang simpananku "pada kalian.' Apakah layak untuk 'Umar melakukan perbuatan-perbuatan yang sedemikian terhadap orang yang memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah? La hawla wa la Quwata illa billahi aliyyi l-Azim.

11._'Ali adalah sebaik baik orang yang aku tinggalkan sesudahku.'
  • Al-Qunduzi al-Hanafi di dalam Yanabi 'al-Mawaddah[25] dari Mawaddah al-Qurba karangan al-Hamdani al-Syafi'i berkata: Aku menemui Rasulullah SAW saat beliau sedang Gering. Aku bertanya kepada beliau: Wahai Rasulullah! Apakah Anda telah berwasiat. Beliau menjawab: 'Wahai Salman! Apakah Anda mengetahui siapakah Wasi-Wasi itu? Aku menjawab: Allah dan Rasul lebih tahu. Beliau berkata: Adam wasinya Thith, beliau adalah sebaik-baik orang berikutnya. Wasi Musa adalah Yusyu ', beliau adalah sebaik-baik orang berikutnya. Wasi Sulaiman adalah Asif bin Barkhia, beliau adalah sebaik-baik orang berikutnya. Wasi Isa adalah Syam'un, beliau adalah sebaik-baik orang berikutnya. Sesungguhnya aku telah berwasiat kepada 'Ali dan beliau adalah sebaik-baik orang sesudahku.'
Aku berpendapat: Hadits ini juga telah diriwayatkan oleh al-Turmudhi al-Hanafi di dalam al-Kaukab al-Duriyy[26]. Malah ianya diriwayatkan dengan banyak di dalam buku-buku Ahlu s-Sunnah dari 'Umar dan Ibn' Umar.

Hadits ini menunjukkan bahwa setiap Nabi adalah pewarisnya yang diangkat oleh Allah SWT. Karena itu seorang Nabi tidak akan mati di dalam keadaan beliau tidak berwasiat kepada wasinya dan meninggalkan syariat begitu saja. Demikian halnya dengan Rasulullah SAW pasti ia berwasiat. Perhatikanlah bahwa ia telah menunjuk 'Ali sebagai wazirnya di Hari al-Indhar dan di Hari al-Ghadir dan lain-lainnya ketika ia sedang Gering. Ia memanggil orang banyak supaya (ia) menulis hal-hal di mana mereka tidak akan sesat berikutnya selama-lamanya. Tetapi 'Umar menolaknya sambil berkata: Nabi Anda sedang meracau, memadailah kitab Allah saja. Seolah-olah Rasulullah SAW tidak mengetahui kitab Allah berada di kalangan mereka.

Jika Rasulullah SAW tidak meninggalkan wasiat, niscaya ia melanggar para nabi yang terdahulu. Perhatikanlah hadits riwayat Salman tadi dan lain-lain. Sesungguhnya menentuan Wasi bagi para nabi adalah wajib. Justru itu mereka menentukan Wasi-Wasi mereka dengan perintah Allah SWT, dan bukan menurut diri mereka sendiri karena nabi, Wasi dan imam bukan diangkat dengan pilihan seseorang karena mereka tidak mengetahui orang yang benar-benar layak. Karena itu pemilihan nabi, Wasi dan imam adalah terserah kepada Allah SWT, dan bukan orang lain. Karena Dia lebih mengetahui rahasia-rahasia dan apa yang tersirat di hati. Sesungguhnya firman di dalam (Surah al-Qasas (28): 68) "Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka."

12. 'Sebaik-baik lelaki di kalangan kalian adalah' Ali bin Abu Thalib. '
  • Al-Qunduzi al-Hanafi di dalam Yanabi 'al-Mawaddah[27] dari Mawaddah al-Qurba karangan al-Hamdani al-Syafi'i dengan sanadnya dari Ibn Umar dari Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik lelaki kalian adalah' Ali bin Abi Thalib. Sebaik-baik pemuda kalian adalah Hasan dan Husain. Dan sebaik-baik wanita kalian adalah Fatimah. "
Hadits ini juga telah dikeluarkan oleh al-Muttaqi al-Hindi di dalam kanz al-'Ummal[28] dari Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia lelaki adalah 'Ali bin Abi Thalib." Di dalam riwayat yang lain: Rasulullah SAW bersabda: 'Ali adalah sebaik-baik manusia.'

13. Siapa yang mencintai 'Ali, Allah akan menerima sholatnya dan puasanya.
  • Al-Khawarizmi telah mencatat hadits ini di dalam Manaqib[29]nya dengan sanadnya dari Nafi 'dari Ibn Umar berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mencintai' Ali, Allah akan menerima shalatnya, puasanya, ibadahnya dan memperkenankan doanya. Dan siapa yang mencintai keluarga Muhammad, niscaya dia akan terlepas dari Hisab, Mizan dan Sirat. Dan barang siapa yang mati dalam keadaan cintakan keluarga Muhammad, maka aku menjamin baginya surga bersama para nabi. Dan barang siapa yang membencikan keluarga Muhammad, akan datang hari kiamat tertulis di dahinya, orang yang putus asa dari nikmat Tuhan.

Salih al-Hanafi di dalam al-Kaukab[30], meriwayatkan bahwa 'Umar bin al-Khattab berkata: Rasulullah SAW bersabda:' Siapa yang mencintai Anda wahai 'Ali adalah bersama para nabi di hari kiamat dan siapa yang memarahi anda maka dia akan mati sebagai seorang Yahudi atau Nasrani. '
Aku berpendapat: Banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menyebutkan manfaat cintakan imam 'Ali AS dan kemudaratan memarahinya di Arjah al-Matalib[31]. Dia berkata 'Abdullah bin Mas'ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:' Cinta kepada keluarga Muhammad satu hari adalah lebih baik dari ibadah setahun. Dan siapa yang mati karenanya, akan memasuki surga. '

Ketahuilah wahai saudara pembaca budiman! Sesungguhnya cinta yang dimaksudkan di dalam hadits ini bukanlah cinta kontak biasa karena cinta sedemikian dapat terjadi kepada 'Ali dan orang lain. Tetapi apa yang dimaksud dengan cinta di sini adalah cinta yang dikuti dengan pengakuan wilayah umum untuknya. Dan jelas sekali orang yang mendahulukan musuhnya dari kekasihnya, maka cintanya adalah palsu. Ini adalah satu hakikat yang tidak dapat disembunyikan oleh para pemikir yang insaf.

Banyak hadits-hadits Nabi SAW yang mendorong cinta kepada Ahlu l-Bait AS dan memperwalikan mereka. Justru itu ianya menjadi wajib 'Aini untuk setiap mukallaf mengambil hukum-hukum agamanya dari orang-orang yang telah dinaskan ke atas mereka oleh Rasulullah SAW karena kemaksuman mereka. Ini karena orang yang bukan maksum tidak layak untuk memikul tugas yang besar dan berat ini disebabkan kesalahan akan terjadi daripadanya. Dan telah ditetapkan dalam ilmu l-usul bahwa apabila kemaksuman tidak ada, maka terjadilah kesalahan atau ketepatan. Mungkin ia memberi fatwa menyalahi nas sebagaimana telah dilakukan oleh Khalifah Abu Bakr, Umar dan Utsman. Justru itu berpegang kepada mereka tidak harus. Apa yang telah disabitkan di sisi kami bahwa imam wajiblah dinaskan ke atasnya dari Allah yang mengetahui rahasia dan apa yang tersembunyi. Karena itu Rasulullah SAW yang maksum tidak akan berwasiat kepada orang yang tidak maksum karena ia sendiri diperintahkan oleh Allah SWT. Dan beliau tidak berbicara menurut hawa nafsunya.

14. 'Anda adalah saudaraku dan wazirku.'
  • Hadits ini telah dicatat oleh al-Muttaqi al-Hindi di dalam kanz al-'Ummal[32] dengan sanadnya dari Ibn 'Umar.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Catatan Kaki :
---------------
1. Al-Sawa'iq al-Muhriqah, hlm. 78.
2. Fara'id al-Simtin, I, bab 54.
3. al-Riyadh al-Nadhirah, II, hlm. 73, 177 & 244.
4. Tanggal, III, hlm. 161.
5. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 251.
6. Maqam al-Imam Amiru l-Mukminin 'Anda l-Khulafa', hlm. 45.
7. Maqtal al-Husain, II, hlm. 38.
8. al-Kaukab al-Durriy, hlm. 122.
9. al-Manaqib, hlm. 17.
10. Kanz al-'Ummal, VI, hlm. 393.
11. al-Riyadh al-Nadhirah, II, hlm. 163.
12. Dhakha'ir al-'Uqba, I, hlm. 87.
13. Kanz al-Ummal, VI, hlm. 159.
14. Kifayah al-Thalib, hlm. 76.
15. al-Sawa'iq Al-Muhriqah, hlm. 108.
16. Dhakha'ir al-'Uqba, hlm. 64.
17. al-Riyadh al-Nadhirah, II, hlm. 163.
18. Kifayah al-Thalib, hlm. 124.
19. al-Manaqib, hlm. 206.
20. Arjah al-Matalib, hlm. 309.
21. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 253.
22. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 253; kanz al-'Ummal, VI, hlm. 218.
23. al-Kaukab al-Duriyy, hlm. 143.
24. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 251.
25. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 253.
26. al-Kaukab al-Duriyy, hlm. 133.
27. Yanabi 'al-Mawaddah, hlm. 247.
28. Kanz al-Ummal, VI, hlm. 159.
29. al-Manaqib, hlm. 43.
30. al-Kaukab, hlm. 125.
31. Arjah al-Matalib, hlm. 319 dan kanz al-'Ummal, IV, hlm. 145.
32. Kanz al-Ummal, VI, hlm. 117.

Tidak ada komentar: